-->

RUTE ke PULAU PARI

Pulau pari adalah salah satu tujuan wisata pulau seribu yang hanya berjarak hanya 45 km dari DKI Jakarta, Seperti pulau-pulau di kepulauan seribu lainnya seperti Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, Pulau pari ini merupakan salah satu Alternatif wisata didekat Jakarta dengan waktu tempuh sekitar 1,5 - 2 Jam perjalanan melalui laut.
rute ke pulau pari dari bogor, rute ke pulau pari dari bekasi, jadwal dan rute kapal ke pulau pari
Rute ke Pulau Pari
Route to Pari Island
الطريق إلى جزيرة فاري

Pengunjung wisata pulau seribu biasanya berasal dari beberapa daerah di seputar DKI Jakarta. Berikut ini rute ke pulau pari dari beberapa lokasi diseputar jabotabek yang bisa dijadikan patokan rute ke pulau Pari.

Rute ke Pulau Pari dari Tanah Abang Jakarta

Jika patokan anda adalah stasiun kereta Tanah Abang, anda bisa naik Mikrolet 08 rute Tanah Abang-Kota, kemudia turun di stasiun Kota.
Lanjutkan dengan naik angkutan Kopami 02 rute pasar Senen-Muara Karang, mintalah diturunkan di deket Muara Angke, dari situ anda bisa naik ojek ke dermaga kali Adem.

Rute ke Pulau Pari dari Bekasi

Jika anda dari Bekasi naiklah bus  Mayasari Bakti AC 29 rute Bekasi-Grogol / Kalideres, lalu turun di Grogol. Lanjutkan naik angkot warna merah  KWK B01 rute Grogol-Muara Angke, turunlah di Muara Angke lalu naik ojek ke dermaga kali Adem.

Alternatif lain dari Bekasi, dengan KRL komuterline dari stasiun Bekasi ke stasiun pasar senen, lalu lanjut naik angkutan Kopami 02 rute Senen-Muara Karang, turunlah deket Muara Angke lalu naik ojek ke dermaga kali Adem.

Rute ke Pulau Pari dari Bogor dan Depok

Dari Stasiun Bogor atau Depok Baru naik KRL rute Jakarta Kota turun di stasiun Jakarta Kota.
Keluar halte menyebrang ke depan Museum Bank Mandiri, dilanjutkan  naik angkutan nomer 02 rute Senen-Muara Karang, mintalah diturun deket Muara Angke lalu naik ojek ke dermaga kali Adem.

Dari Dermaga Kali adem Rute ke pulau pari dilanjutkan dengan naik Kapal kayu yang biasa disebut kapal ojek, yaitu kapal nelayan yang di fungsikan sebagai alat transportasi dari dermaga Kapal Kali Adem dekat muara angke menuju Pulau Pari.

Jadwal dan rute kapal ke pulau Pari

Jadwal pemberangkatan kapal dengan rute ke Pulau Pari yaitu antara pukul 06.00 - 7.00 wib setiap hari Senin sampai minggu,  dan bagi pengunjung Pulau Pari yang pulang pada hari Minggu dari Pulau Pari ke dermaga Kali Adem tersedia jadwal kapal tambahan pada siang hari pukul 11.00 wib.

Sejak 8 Agustus 2015 semua kapal ojek di muara angke dengan tujuan wisata kepulauan Seribu dialihkan ke pelabuhan Kali Adem. Jadi jika anda ingin berwisata pergi ke Pulau Pari atau ingin mencoba ke Pulau Tidung tanpa agen wisata, yang terkenal dengan jembatan cintanya, mengunjungi Spot menarik di Pulau Pramuka, ingin berwisata mencoba trip Pulau harapan dan Pulau kelapa serta pulau lainya di kepulauan seribu, pilihlah jadwal dan rute kapal ke wisata pulau seribu dari dermaga Kali Adem.

Harga tiket Kapal Ojek ke Pulau Pari berkisar Rp.40.000 sd Rp.55.000 perorang sekali jalan, namun jika anda  menginginkan perjalanan rute ke Pulau Pari dengan Transportasi yang lebih nyaman, anda bisa berangkat melalui dermaga Kapal Marina Ancol menggunakan Kapal Luxury Speed Boat yang berangkat antara pukul 8.00 - 9.00 wib, tentunya dengan biaya berbeda yaitu Rp.175.000 - Rp.350.000 perorang sekali jalan ditambah tiket masuk ancol Rp.25.000 perorang.
Pantai perawan pulau pari, paket wisata pulau pari, spot pancing pulau pari
Jelajah Wisata Pulau Pari

Pulau Pari dikenal memiliki beberapa pantai dengan pasir putih yang mempesona, antara lain,

Pantai Perawan Pulau Pari

Pulau Pari terkenal dengan Pantai Perawan yang berada di ujung timur pulau pari dengan Pasir Putih bersih yang indah, Pantai Perawan membentang sekita 500m dikelilingi tanaman mangrove untuk menahan abrasi, pemandangan indah juga terdapat di sekitar laguna yang dapat anda nikmati dengan menaiki kano mengelilingi tanaman mangrove, anda akan dikenakan tiket masuk Rp.5.000 perorang Sedangkan untuk parkir sepeda dikenakan biaya Rp.2.000 persepeda.

Selain pantai perawan berapa pantai indah di pulau pari yang bisa dikunjungi yaitu Pantai Lipi, Pantai Kresek, dan Pantai Bintang.

Pulau Pari dahulu menjadi tempat penelitian budidaya terumbu karang, serta penelitian Biota Laut LIPI dan Mahasiswa, selain itu tersedia pula sarana permainan air seperti Banana Boat, Canoe, Sofa Boat, Donut, dan lain-lain dengan membayar Rp.35.000 sekali naik.dan anda dapat menyewa sepeda untuk keliling Pulau Pari seharian dengan membayar Rp.15.000 persepeda.

Bukit Matahari di Pulau Pari

Belum lengkap rasanya jika berwisata dengan rute ke pulau pari jika tidak mengunjungi Bukit Matahari yang berada di bagian selatan pulau pari.

Bukit Matahari di pulau pari adalah lokasi wisata tempat berburu sunset dan sunrise di pulau pari, ditempat ini traveler dapat melihat pemandangan pulau sambil melihat keindahan matahari terbit dan terbenam, Bukit Matahari adalah spot instagrammable untuk hunting foto selain spot wisata lannya di pulau pari.
Penginapan homestay Pulau Pari 

Tidak sebanyak penginapan di pulau tidung, penginapan homestay Pulau Pari adalah rumah penduduk Pulau Pari yang disewakan dengan kapasitas 4 sd 10 orang dengan tarif rata rata perhari Rp.300.000 sd Rp.500.000 tergantung fasilitas yang disediakan seperti AC, despenser, kamar mandi, dan lokasi penginapan.  pada waktu long weekend atau libur sabtu - minggu penginapan selalu terisi penuh dibooking travel agen wisata. 

Sebaiknya sebelum berangkat ke Pulau Pari anda booking penginapan homestay terlebih dahulu atau anda dapat menginap di asrama LIPI di Ujung Barat Pulau Pari dengan membayar biaya per orang untuk menginap atau mencoba camping di pantai pasir perawan pulau pari dengan membayar tiket masuk Rp.5.000 perorang ditambah ijin mendirikan tenda Rp.20.000.
Kegiatan lainnya saat berwisata di  Pulau Pari adalah melakukan jelajah pulau dan snorkling melihat ke indahan bawah air di Pulau Pari, pilihan lokasi snorkling di pulau pulau terdekat yaitu Pulau Tikus, Bintang Rama, APL. Pulau Burung Indah, serta Pulau Kongsi. untuk snorkling di Pulau Pari anda dapat menyewa Kapal Nelayan dengan kapasitas 10 orang dengan biaya perhari Rp.350.000 tergantung tawar menawar dan sewa alat snorkling lengkap seperti google, fin, sepatu katak dan pelampung dengan membayar Rp.35.000.
pulau pari wisata kepulauan seribu, paket wisata pulau pari, agen wisata pulau pari
Kuliner Pulau Pari

Tak perlu khawatir untuk keperluan makan dan kuliner selama anda di Pulau Pari, agar lebih hemat biasanya homestay menyediakan paket makan 3 x sehari seharga Rp.100.000 perorang,
atau pun memesan ikan bumbu untuk barbeque bersama teman dan keluarga dengan biaya sekitar 150rb, anda mencoba hidangan laut di warung makan di sekitar pulau pari.

Spot memancing di pulau Pari

Selain berwisata menikmati keindahan pantai dan habitat laut di sekitar pulau, anda juga bisa  mencoba spot memancing di pulau pari, beberapa ikan jenis karang bisa menjadi tangkapan anda. 

Tentunya anda wajib menggunakan  teknik memancing  tangkap lepas jika ukuran ikan belum memenuhi standar ukuran konsumsi, guna menjaga kelestarian habitat ikan disana. Selain pulau pari, bagi penggemar olahraga memancing dapat mencoba juga Spot pancing pulau Sebira, pulau paling utara di kepulauan seribu.

Informasi terbaru pulau pari, mengenai Biaya-biaya perjalanan rute ke pulau pari dapat mengalami penyesuaian dari tahun ketahun. Saat ini anda juga bisa menggunakan jasa grab atau gojek untuk sampai ke Dermaga kali adem.

Masih banyak pulau wisata tujuan trip pulau seribu Jakarta yang bisa anda kunjungi.
Silahkan berbagi pengalaman perjalanan wisata anda dengan rute ke pulau pari di kolom komentar.
TAMPILKAN KOMENTAR
TUTUP KOMENTAR

10 Responses to "RUTE ke PULAU PARI "

  1. mbk/mas bagusan pulau pari atau pulau tidung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous03 September

      Saya lebih suka pulau Tidung mba. Kalo ajak anak fasilitas lebih lengkap.

      Delete
    2. ada contact homestay nya ga ? mbak/mas

      Delete
    3. pulau tidung fasilitas lengkap buat anaknya apa mba ?

      Delete
    4. Pulau tidung lengkap untuk anak

      Delete
  2. Untuk kapal nya sehari brp x jalan ya, bisa pp gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous07 October

      Kapal berangkat pagi jam 7 dari kaliadem sampai siang di P pari.

      Delete
  3. Jam berangkat kapal hanya jam 6-7 pagi saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous25 September

      ya, kapal hanya jam 6-7 pagi saja. usahakan datang lebih awal

      Delete

--Terima kasih sudah berkunjung--
Silahkan memberi komentar sesuai Artikel. -- GaweBerita

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel