-->

Misteri Harta Karun Pulau Onrust

Misteri Harta karun pulau Onrust cukup melegenda dan banyak diminati terutama dikalangan pemburu harta karun. Seperti diketahui sejarah kepulauan Indonesia berabad-abad yang lalu telah ramai dikunjungi kapal-kapal dari berbagai belahan dunia, banyak pula kapal-kapal tersebut yang karam dan meninggalkan harta Karun, salah satunya di Harta Karun pulau onrust.

Pulau Onrust merupakan salah satu pulau terdekat di kepulauan seribu yang bisa dicapai dari pelabuhan Muara Kamal kurang lebih 30 menit dengan kapal motor, Pulau Onrust merupakan Pusat Taman Arkeologi Pulau Onrust di kepulauan seribu.
Pulau onrust kepulauan seribu, rute ke pulau onrust,  harta voc di kepulauan seribu
Cerita Harta Karun Emas VOC di pulau onrust

Pulau Onrust dalam bahasa Belanda artinya tidak pernah beristirahat, karena pada masa kejayaan VOC di Batavia, pulau onrust selalu terlihat ramai oleh kegiatan bongkar muat dan lalu lintas kapal-kapal dagang juga kapal kompeni Belanda dari asia dan afrika baik siang maupun malam. 

Pulau Onrust dahulu merupakan pos pabean sebelum masuk ke Batavia, James Cook penemu benua Australia, dalam perjalanannya ke Australia dan Selandia Baru pernah singgah dan memperbaiki kapalnya di Pulau Onrust.

Sejarah pun mencatat Pulau Onrust sekitar tahun 1911-1933 pernah menjadi tempat persinggahan bagi para calon jemaah yang hendak menunaikan ibadah haji ke Baitullah Mekkah di jazirah Arab.

Pulau Onrust yang terletak digugusan kepulauan seribu memiliki pantai dengan pasir putih, dermaga dan tanggul pemecah ombak, museum berisi diorama miniatur pulau onrust, Bangunan-bangunan tua bersejarah peninggalan VOC yang sangat cocok bagi anda yang menyukai fotografi tempat bersejarah.

Misteri Harta Karun Pulau Onrust kepulauan Seribu

Beberapa sumber informasi yang masih harus ditelusuri mengatakan terdapat terowongan rahasia di bawah laut yang menghubungkan pulau di kepulauan seribu yakni pulau Kelor dan Pulau Onrust, Diyakini terdapat emas dan perhiasan peninggalan VOC yang merupakan Harta karun Pulau Onrust.

Onrust Island Treasure
كنز جزيرة أونروست

Harta karun voc di kepulauan seribu, harta peninggalan voc, emas voc di pulau onrust

Misteri Harta Karun Pulau Onrust itu bermula dari keganjilan sejarah, dimana VOC sebagai institusi dagang yang besar dan kuat mendadak bangkrut. tahun 1789, VOC mengalami defisit keuangan sebesar 90 juta gulden dalam dua tahun dan pada saat dibubarkan tahun 1799 total hutang VOC sebesar 200 juta gulden diambil alih pemerintah Belanda.

Mungkinkah semua kekayaan yang bersumber dari monopoli beragam komoditas bernilai jutaan gulden itu lenyap begitu saja, Anehnya, menjelang kebangkrutan VOC, perusahaan dagang tersebut nyaris tak lagi bisa membayar dividen tahunan, padahal pengiriman rempah-rempah bernilai mahal ke Eropa masih mampu menunjukkan tingkat keuntungan rata-rata yang tinggi. Dari sini muncul dugaan bahwa jutaan gulden harta kekayaan VOC telah digelapkan.

Kekayaan VOC yang digelapkan oleh pejabatnya sendiri itu diduga dalam bentuk emas batangan, dan tak sempat terangkut ke negeri Belanda. Harta kekayaan itu diduga disembunyikan di salah satu tempat di negeri ini. Pulau Onrust, salah satu pulau yang menjadi tempat asal kekuasaan dahsyat VOC diduga menjadi tempat menyembunyikan harta karun tersebut.
Misteri harta voc, emas peninggalan voc, misteri onrust
Memburu Harta Karun VOC di Pulau Onrust

Pada tahun 1986 ditemukannya bangkai kapal De Geldermalsen, kapal dagang VOC yang tenggelam di selat Malaka tahun 1751. bukti kuat bahwa harta karun VOC itu benar benar ada, 

Ekspedisi pemburu harta karun pimpinan Kapten Michael Hutcher menemukan 126 batang emas lantakan dan 160.000 benda keramik dinasti Ming dan Ching di bangkai kapal tersebut.

Data sejarah menyebutkan adanya ratusan bangkai kapal dagang yang tidak pernah ditemukan hingga saat ini. kurang lebih 105 buah kapal VOC yang tenggelam antara tahun 1602 - 1795. Pejabat VOC korup yang ingin mengangkut emas hasil jarahannya pasti ada yang bernasib sial, sebagaimana kasus De Geldermalsen. Belum lagi emas yang tertimbun di daratan dan belum sempat terangkut.

Pulau Onrust dan perairan laut disekitar kepulauan seribu belum sepenuhnya tereksplorasi secara arkeologis oleh Pemda DKI Jakarta karena keterbatasan dana operasional. Di pulau ini juga diduga terdapat banyak ruang bawah tanah yang belum terungkap.

Selain belanda, Jepang juga pernah menjajah negeri ini. kemungkinan terdapat  banyak harta karun Jepang hasil rampasan yang tertinggal, diantara yang masih jadi misteri adalah harta karun jepang yamasitha.

Diantara Bukti temuan harta karun tersebut adalah harta karun jepang di Bogor yang diketemukan oleh pasukan TNI pimpinan Mayor Kawilarang.

Mungkin saja anda beruntung jika dapat menemukan Harta Karun Pulau Onrust di kepulauan seribu atau pun harta karun lainnya.

Misteri Perburuan Harta Karun Lainnya :




TAMPILKAN KOMENTAR
TUTUP KOMENTAR

2 Responses to "Misteri Harta Karun Pulau Onrust"

  1. wah asik juga klo ketemu harta karun


    REKOMENDASI WISATA UNIK

    ReplyDelete
  2. Bawa metal detector ke pulau Onrust, kali aja Nemu harta karun

    ReplyDelete

--Terima kasih sudah berkunjung--
Silahkan memberi komentar sesuai Artikel. -- GaweBerita

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel