-->

Ke PULAU TIDUNG tanpa AGEN wisata

Ke Pulau Tidung Tanpa Agen Wisata akhirnya jadi pilihan kami, untuk mengisi liburan cuti tahun, kebetulan badan juga sedang kurang fit, jadi kami putuskan untuk cari tempat wisata disekitar kota Jakarta yaitu pulau seribu Jakarta.
Trip ke pulau tidung tanpa travel, paket wisata pulau tidung, Backpacker ke pulau tidung
السفر إلى جزيرة تيدونج بدون وكيل
To Tidung Island without a travel agent

Sebelum memutuskan ke pulau tidung tanpa agen wisata, kami browsing di internet mencari informasi travel yang menyediakan paket tour open trip pulau seribu, rata-rata travel menawarkan trip pulau tidung 3h2m pada hari libur weekend karena pada libur weekend pulau seribu selalu ramai dikunjungi traveler.

trip Pulau seribu yang sepi dari kunjungan wisata, bisanya pada hari kerja Senin sampai  Jumat, Karena itu kami berencana ke pulau tidung pada hari kerja, namun hanya ada pilihan paket privat ke pulau tidung untuk 4 orang dihari kerja dengan biaya yang cukup mahal, maklum karena privat.

Persiapan ke pulau tidung kami  dimulai, mempersiapkan keperluan dan packing serta akomodasi untuk liburan 3 hari 2 malam sama istriku. Sengaja kami tidak membawa serta anak-anak karna mereka sedang tidak liburan sekolah, sekalian mengenang masa pacaran.

Rute wisata ke Pulau Tidung tanpa agen wisata

Sesuai informasi yang telah kami peroleh, rute wisata ke pulau tidung tanpa agen travel pun kami awali  dengan menggunakan kereta, karna kami berangkat dari Kota Bogor maka kami putuskan naik Comuterline dari stasiun Bogor ke Stasiun Tanah Abang, atau bisa juga dari stasiun Bogor ke stasiun Kota dilanjutkan ke dermaga Muara Angke, tetapi kami lebih memilih rute  ke Dermaga Kali Adem untuk menyeberang ke Pulau Tidung karena berdasarkan informasi lebih banyak kapal wisata trip ke pulau seribu diberangkatkan dari dermaga kali adem.
Paket tour wisata pulau tidung, cara ke pulau tidung dari bogor, paket wisata pulau seribu
kami pun berangkat pada hari Senin  mengunakan kereta comuterline yang berangkat paling pagi, ada dua jadwal dan rute keberangkatan kereta comuterline paling Pagi dari stasiun Bogor yaitu :

Jadwal Kereta Bogor -Tanah Abang
- berangkat  4.00 wib - sampai Tanah Abang 5.15 wib. 

Jadwal Kereta Bogor - Jakarta Kota
berangkat 4.05 wib – sampai Jkt Kota 5.25 wib.

harga tiket saat kami berangkat Rp.5.000+DepositRp.10.000, nantinya deposit bisa uangkan kembali di loket stasiun tujuan. Kami putuskan naik kereta yang ke Tanah Abang karna jadwalnya lebih pagi.

Ketika tiba di stasiun Tanah Abang sebenarnya kami bisa naik mikrolet jurusan stasiun kota M-08 dengan biaya Rp.5.000 kemudian turun di stasiun kota, lalu dilanjutkan naik angkutan Kopami 02 jurusan Muara Karang kemudian turun dekat Muara Angke dengan biaya Rp.5.000, dari muara angke bisa dilanjutkan naik ojek roda tiga per orang Rp.5.000. 

Namun karena mengejar Jadwal dan rute kapal ke wisata Pulau seribu pada pukul 6.00 pagi, kami memutuskan untuk naik taxi dari Stasiun Tanah Abang ke dermaga kali adem dengan membayar Rp. 80.000.

Sekedar informasi bagi yang ingin berwisata ke pulau Tidung tanpa agen atau ke wisata lainnya di kepulauan seribu, mulai bulan Agustus 2015 semua kapal ojek di dermaga muara angke dengan rute wisata kepulauan seribu, termasuk juga rute ke Pulau Tidung, dipindahkan ke Dermaga kali adem dan mulai September 2015 diberlakukan sistem tiket seragam sesuai pulau tujuan wisata.
Kapal dari kali adem ke pulau tidung, jadwal kapal dari pulau tidung ke kali adem
Lisensi img
Karna kami berwisata ke pulau tidung tanpa trevel agen pada hari kerja, hanya ada satu jadwal kapal ojek kayu ke Pulau Tidung dan ke kepulau lainnya di kepulauan seribu. Kapal ke Pulau Tidung berangkat pada pagi hari jam 7.00 wib jika kapal sudah penuh.

Rute ke Pulau Tidung lainnya yaitu menggunakan jasa kapal Dishub subsidi pemerintah, ada beberapa kapal yang disediakan dishub diantaranya KM Kerapu dan KM Lumba-lumba, jadwal berangkat kapal Dishub adalah jam 10.00 wib namun tergantung kondisi gelombang  laut, Harga tiket kapal ojek kayu dan kapal Dishub hampir sama yaitu Rp.40rb dan Rp.45rb untuk tujuan ke pulau tidung.

Selain melanyani rute ke Pulau Tidung, kapal-kapal tersebut juga melayani rute ke wisata kepulauan seribu lainnya seperti Penangkaran Ikan Hiu di Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Harapan dan Pulau Kelapa.

Jika anda menginginkan kapal yang lebih nyaman, anda dapat mencoba kapal cepat dari dermaga Marina Ancol, tentunya dengan biaya yang lebih mahal, dengan kisaran ongkos kapal sesuai pulau tujuan antara Rp.175.000 - Rp.375.000 plus ongkos masuk ancol Rp.15.000 - Rp.25.000 perorang sekali jalan.
Kapal ojek pulau tidung, kapal dishub pulau tidung
Akhirnya kami memilih kapal ojek kayu dengan rute Pulau Tidung, kami pun cari posisi duduk yang nyaman di dek bagian atas KM Karunia, di dekat posisi kami duduk ada dua orang bule duduk dengan wajah cemas Hehehe. Mungkin mereka tidak yakin dengan safety kapal ojek kayu. Untuk yang suka mabuk laut minumlah obat anti mabuk sebelum naik kapal karna waktu tempuh ke wisata pulau Tidung mencapai  2,5 jam jika kondisi cuaca baik.

Alhamdulillah, perjalanan ke pulau yang ditempuh sekitar 2.5 – 3 jam berjalan lancar, ombak tenang ditemani sekelompok lumba-lumba mulut botol mengikuti kapal kami, beginilah kalau pertama kali ke pulau tidung tanpa agen wisata, jadi harus rajin tanya sana sini.

tips untuk anda yang ingin berwisata trip ke pulau seribu, bulan terbaik ke Pulau Tidung atau pulau lainnya di kepulauanan seribu adalah antara bulan April sampai September, sebab biasanya pada bulan-bulan itu langit cerah dan ombak tenang.

HomeStay dan Penginapan di Pulau Tidung.

Sampai di Pulau Tidung kami langsung disambut pemandu lokal bernama Bang boy. Karena kami belum mendapatkan penginapan, kami meminta agar diantarkan ke penginapan dengan view pinggir Pantai Pulau tidung. Oleh bang boy kami diantar ke penginapan bu Ina juara 3 katagori A untuk homestay di pulau Tidung. 

Setelah memilih kamar akhirnya kami putuskan menempati kamar  untuk dua orang yang sebenarnya cukup untuk enam orang, dengan fasilitas AC, TV, Dispenser plus Aqua Galon, dan kamar mandi. Halaman penginapan cukup luas dan sangat dekat dengan pantai. Harga untuk hari libur 300 – 350 rb, karena kami menginap hari kerja dan Cuma berdua, kami dapat harga sewa Rp.300.000,- plus makan 3 kali untuk 2 orang, wow..cukup murah.

Setiap Penginapan di Pulau Tidung biasanya juga menyediakan jasa sewa alat snorkling lengkap dengan harga sewa yang bisa dinego. Tak lama Bang boy kembali dengan membawakan kami dua buah sepeda untuk transportasi keliling Pulau Tidung. Karna kami ingin privasi maka kami sampaikan terima kasih pada Bang Boy dan tidak lupa memberi uang tips dan berterima kasih karena sudah membantu kami.
Sewa penginapan pulau tidung, harga sewa homestay pulau tidung, telpon homestay pulau tidung
Di Pulau Tidung terdapat banyak penginapan dan homestay dengan kisaran harga 150rb sd 600 rb Perhari tergantung fasilitas dan lokasi. Tapi jika hari liburan tiba, rata-rata homestay di Pulau Tidung telah kerja sama dan dibooking oleh Travel agen wisata pulau Tidung.  

Jadi jika anda memutuskan ke pulau Tidung tanpa agen wisata yang banyak menawarkan paket wisata kepulauan seribu, sebaiknya anda booking penginapan atau homestay sebelum berangkat. Silahkan klik link ini  Penginapan dan homestay pulau tidung lengkap dengan telepon yang bisa anda dihubungi.

Dan jika anda ingin berwisata bersama rombongan ke Pulau Tidung akan lebih baik jika anda menggunakan Jasa trevel Agen wisata Agar liburan anda lebih terjadwal.

ATM dan Bank di Pulau Tidung

Saat kami berwisata ke pulau tidung, kami hanya mendapatkan satu bank dan mesin ATM milik Bank DKI, serta layanan teras kapal bank BRI, tapi saat ini sudah ada beberapa agen Brilink yang melayani transaki dari Bank BRI, namun demikian sebaiknya anda menyiapkan uang kas lebih untuk berjaga-jaga.

Signal Jaringan telepon seluler di Pulau Tidung

Meski Pulau Tidung masuk wilayah DKI Jakarta namun signal telepon seluler kurang bagus, kami yang menggunakan kartu axis kesulitan mendapatkan signal, mungkin anda bisa mencoba kartu dari provider lain.

Sewa Sepeda dan Peralatan snorkling

Beberapa penduduk memiliki rental sepeda yang dapat anda sewa untuk berkeliling ke spot-spot wisata pulau tidung  dengan harga sewa persepeda Rp.15rb - 20rb perhari, selain itu homstay dan penginapan biasanya menyewakan juga peralatan snorkling set antara lain sepatu katak, kacamata selam dan baju pelampung dengan harga sewa perset Rp.35rb - 50rb Perhari, anda juga dapat menyewa perahu kayu untuk menjelajah pulau terdekat untuk kegiatan snorkeling, beberapa nelayan pulau Tidung bersedia menganta anda ke spot snorkeling denga biaya Rp.300.000 - Rp.350.000 perkapal sehari.

Jembatan Cinta Pulau Tidung

Jembatan cinta, Jembatan cinta pulau tidung, jembatan cinta ikon pulau tidung
Hari pertama sampai kami langsung ke Jembatan Cinta di Pulau Tidung , sepeda kami titip di area parkir dengan tarif  2rb persepeda, didekat jembatan tersedia juga permain dounat boad dengan biaya 35rb perorang, sambil melihat pemandangan pantai cemara kami membeli kelapa muda 15rb perbuah.
pantai pulau tidung, pasir putih pulau tidung
Karena tergoda jernihnya air di jembatan cinta tidak tahan akhirnya kami terjun ke pinggir laut dekat jembatan cinta karna cukup dangkal dengan kedalaman 0,5 sd 1,5m, sambil menikmati terumbu karang yang pernah di tanam oleh anggota Marinir TNI AL disekitar pulau tidung. Spot yang bagus sebenarnya agak ke tengah dibatas pantai antara laut yang berwarna hijau tosca dan biru agak gelap. Namun karna angin siang hari bertiup cukup kencang kami urung berenang ketengah.

Dipantai kami bertemu pasangan pengantin baru yang juga berangkat ke pulau tidung tanpa agen wisata, kami janjian besok pagi untuk snorkling dengan sewa kapal nelayan snorkeling ke 3 spot terumbu karang Pulau Air, Pulau Karang Beras, dan Pulau Payung seharga Rp.350rb atau share @85rb perorang. Karna tidak sempat sewa kamera under water 100-150rb perhari jadi tidak  bisa mencoba foto dalam air.

Pantai Sawung Barat Pulau Tidung.

Selepas Ashar kami bergegas menaiki sepeda untuk berburu Sunset matahari terbenam di Pantai Sawung Barat,
Pantai saung barat pulau tidung, Sunset di pantai saung barat
Pantai Sawung berada paling ujung sebelah barat pulau tidung besar, banyak spot menarik untuk swafoto disana, kami bersepeda sekitar 7 menit untuk menuju kesana melewati perkampungan rumah-rumah penduduk dan dua masjid. Penduduk Pulau Tidung taat menjalankan Ibadah, jika azan masuk waktu shalat terutama magrib maka hampir semua warung tutup sementara sampai pelaksanaan ibadah sholat bejamaah selesai.

Ekowisata Pulau Tidung Kecil 

Ekowisata Pulau Tidung kecil adalah tempat konservasi pohon bakau, kebun sayur, dan hutan alam, pulau ini tidak ditempati penduduk, bagi yang suka camping pantai timur pulau tidung kecil dekat sumur sumber air yang sangat cocok untuk lokasi camping. Kami berburu matahari terbit di Pulau Tidung Kecil, dilanjutkan berkeliling pulau untuk olah raga mengelilingi pulau.

Kuliner pulau tidung

Malam hari di pulau tidung sebagai pengganti barbeque, kami mencoba kuliner pulau tidung di cafe Jukung, pemilik kafe ini sendiri memiliki tempat tinggal di kota Depok, kami mencoba menu moray eel steak belut laut moray 35rb, cumi saus padang 30rb dan Ikan Kerapu lada hitam 35rb, rasanya Maknyus. Kafe ini juga menyediakan banyak menu lain yang dapat anda pesan dengan harga yang cukup bersahabat.
Kuliner pulau tidung, ikan bakar pulau tidung
Tidak terasa dah dua malam di pulau tidung, siap-siap packing karna pagi pagi kapal ojek dari dermaga pulau tidung berangkat pukul 7.00 wib ke kali adem hanya hari minggu ada kapal siang jam 11.00 wib dari pulau tidung ke kali adem.

Selain Pulau tidung di kepulauan seribu masih banyak pulau lain yang menjadi tujuan wisata trip pulau seribu Jakarta diantaranya, Rute ke Pulau Pari dengan pantai perawannya, Pulau Pramuka wisata kampung sunset, Pulau Harapan, spot memancing pulau Sebira dan masih banyak lagi. Demikian pengalaman kami berlibur Ke Pulau Tidung Tanpa Agen wisata.

Catatan,
Untuk Biaya-biaya perjalanan "ke pulau tidung tanpa agen wisata" dapat mengalami penyesuaian dari tahun ketahun. 

Saat ini anda juga bisa menggunakan jasa grab atau gojek untuk sampai ke Dermaga kali adem.


TAMPILKAN KOMENTAR
TUTUP KOMENTAR

7 Responses to "Ke PULAU TIDUNG tanpa AGEN wisata"

  1. Minta kontak nya dong. Mau tanya2

    ReplyDelete
  2. rombongan apakah bisa diskon lagi hehe

    ReplyDelete
  3. halo mas, ini harga kapan ya? tahun 2017 ini atau udah lama?

    ReplyDelete
  4. Tq sharing nya pak bro.

    ReplyDelete
  5. Anonymous04 December

    to Tidung Island without a travel agent, it's quite helpful for backpackers like me

    ReplyDelete

--Terima kasih sudah berkunjung--
Silahkan memberi komentar sesuai Artikel. -- GaweBerita

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel