-->

Spot Pancing Pulau Sebira pilihan wisata kepulauan seribu

Spot pancing Pulau Sabira merupakan salah satu spot memancing kepulauan seribu yang banyak didatangi penggemar kegiatan  memancing di Kepulauan Seribu. Selain itu pulau sebira juga menjadi pulau tujuan  Wisata pulau Seribu Jakarta yang banyak menarik minat traveler. 

Biasanya pada hari Sabtu tidak kurang sekitar 10 sampai 20 orang pemancing yang tergabung di klub memancing maupun pemancing  perorangan, datang ke spot memancing pulau Sebira.

Pulau sebira memiliki julukan  Pulau Penjaga Utara karena  lokasi Pulau Sebira berada paling utara diantara gugusan kepulauan seribu. 

Pulau sebira berjarak kurang lebih 160 mil laut dari Jakarta, namun demikian karena letaknya yang cukup jauh pengunjung akan mendapati laut yang masih sangat bersih dan terjaga ekosistemnya.

Lokasi mancing di pulau sebira, spot memancing pulau sebira, spot memancing di kepulauan seribu, spot pancing di pulau sebirainstagram @Pemkabseribu
Mercusuar penjaga utara peninggalan VOC di Pulau sebira

Saat berkunjung  ke spot pancing Pulau Sebira, dari kejauhan anda akan disambut  bangunan Mercusuar Penjaga Utara peninggalan Jaman VOC yang masih gagah berdiri, mercusuar itu bernama Noord Wachter, dalam bahasa Indonesia artinya Penjaga Utara, mercusuar itu dibangun pada tahun 1869 dan saat ini sudah tidak dioperasikan lagi. 

Pengunjung wisata Pulau Sebira masih dapat meminta ijin agar bisa naik ke atas mercusuar untuk melihat pemandangan keindahan pulau dari ketinggian, namun traveler harus sangat berhati-hati karena beberapa bagian anak tangga sudah tua dimakan usia, Pulau Sebira sendiri memiliki luas 8 ha dan didiami 500 jiwa penduduk

Trip pulau sebira, mercusuar pulau sebira, pulau sebira wisata kepulauan seribu

Penangkaran Penyu Pulau Sebira

Pulau Sebira selain menjadi tujuan spot pancing bagi penggemar olah raga memancing, pulau ini juga merupakan tempat penangkaran dan pelestarian penyu sisik. 

Berbeda dengan Ekowisata Pulau Tidung Kecil tempat penangkaran penyu pulau Sebira dikelola atas inisiatif masyarakat yang ikut membantu konservasi kelestarian penyu terutama jenis penyu sisik, lokasi penangkaran berada di bagian timur pulau Sebira 

pengunjung wisata atau pemancing yang datang ke spot pancing  Pulau Sebira bisa ikut melepaskan tukik atau anak penyu ke laut lepas.

pulau sebira wisata kepulauan seribu, snorkeling pulau sebira, penginapan pulau sebira

Spot snorkling di Pantai Timur Pulau Sebira

Pengunjung spot memancing Pulau Sebira juga bisa mencoba spot snorkeling yang berada 100 - 200 meter dari pantai yang berada dekat dermaga timur. Kedalaman laut spot snorkeling berkisar antara 2 - 3 meter dan  dipenuhi terumbu karang  dan ikan. 

Walau pun bukan lokasi snorkeling terbaik di kawasan wisata pulau seribu, tetapi lokasi snorkeling Pulau Sebira bebas dari ubur-ubur dan bulu babi. 

Jarak yang cukup jauh dari perairan pantai Jakarta membuat spot snorkling ini cukup terjaga ekosistemnya.

Sunset di Pantai Barat Pulau Sebira 

Salah satu spot instagrammable adalah sebatang pohon mangrove yang tumbuh sendirian alias Jomblo diperairan pantai barat pulau sebira, saat matahari terbenam tempat ini cocok untuk latar belakang spot foto anda.

Homstay dan Penginapan Pulau Sebira

Di pulau sebira masih terdapat beberapa rumah panggung khas suku bugis, sayangnya tidak seperti  pulau-pulau wisata di kepulauan seribu lainnya semisal pulau Tidung, pulau Pramuka, pulau Harapan, pulau Kelapa dan lainnya, penginapan atau homestay belum ada di Pulau Sebira. 

Pengunjung spot pancing pulau Sebira dan wisatawan dapat menyewa rumah penduduk dengan biaya sekitar Rp.300.000 - 400.000  perhari, anda juga bisa memesan makanan kepada pemilik rumah, karna belum ada warung makanan di Pulau sebira, hanya ada yang penjualan nasi uduk pada pagi hari.

Spot pancing pulau sebira, ikan asin pulau sebira, mancing di pulau sabira kepulauan seribu

Spot Pancing Pulau Sebira

Spot Pancing Pulau Sebira bisa menjadi tujuan bagi anda yang hobi memancing, cukup banyak spot pancing disekitar pulau sebira dengan ikan yang cukup beragam terutama ikan-ikan karang dan ikan lainnya tergantung musim. 

Spot pancing pulau sebira dikenal sebagai lokasi memacing yang bagus, spot pancing dekat dermaga pulau Sebira dihuni berapa jenis ikan seperti baronang. Anda bisa memilih Spot pancing  di dermaga utama atau timur. 

Jika anda ingin memancing jenis ikan tertentu semisal tenggiri atau lainnya di anda bisa menyewa kapal nelayan untuk diantar ke spot pancing terbaik di sekitar pulau sebira dekat perairan dalam.

Selain spot pancing pulau sebira, spot memancing pulau seribu lainnya yang sering di  datangi pemancing adalah pulau Pari.

Ikan Asin Pulau Sebira 

Hasil tangkapan ikan nelayan Pulau Sebira terutama ikan selar cukup berlimpah terutama saat musim tangkap tiba, oleh warga pulau sebira ikan selar hasil tangkapan keringkan menjadi ikan asin. 

Selain itu warga Pulau Sebira mengembangkan juga produk hasil laut lainnya seperti stik cumi, kerupuk ikan, dan produk lainnya berbahan dasar hasil laut yang dapat anda jadikan oleh-oleh khas Pulau Sebira.

Rute dan Jadwal Kapal ke Pulau Sebira

Saat ini tersedia rute Kapal Chabing Nusantara dari pelabuhan kali Adem bagi anda yang ingin mencoba spot pancing Pulau Sebira. Selain itu  tersedia juga banyak Jadwal tarif dan rute Kapal ke Pulauan Seribu. 

TAMPILKAN KOMENTAR
TUTUP KOMENTAR

2 Responses to "Spot Pancing Pulau Sebira pilihan wisata kepulauan seribu"

  1. Perjalanan ke pulau sebira lumayan jauh maklum paling utara di pulau seribu tapi terbayar. Cari Spot pancing sekalian wisata

    ReplyDelete
  2. It's really fun, putting the bait on the hook, sitting around enjoying the surroundings, waiting for the fish to catch

    ReplyDelete

--Terima kasih sudah berkunjung--
Silahkan memberi komentar sesuai Artikel. -- GaweBerita

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel