-->

Ekowisata Pulau Tidung Kecil - Wisata Pulau Seribu

Pulau Tidung Kecil adalah kawasan ekowisata yang berada di sebelah timur Pulau tidung besar, ekowisata Pulau Tidung kecil menawarkan wisata edukasi bahari di kawasan Wisata pulau seribu.

Antara pulau tidung kecil dengan pulau tidung besar terpisah oleh selat kecil namun keduanya masih satu gugus pulau, dua keuntungan yang didapat jika ada datang ke pulau tidung kecil yaitu wisata sambil belajar.

Wisata sambil belajar di pulau tidung kecil, wisata edukasi bahari pulau tidung

Jembatan Cinta penghubung kedua pulau tidung

Pulau tidung kecil dipisahkan oleh selat yang berjarak 700 meter dari pulau tidung besar. untuk mencapai pulau tidung kecil dibangunkan  sebuah jembatan beton yang hanya dapat dilalui manusia  dan kendaraan roda dua. 

Jembatan penghubung itu menjadi salah satu ikon wisata Pulau Tidung yang dinamakan Jembatan Cinta, lokasi ini sering dijadikan spot foto oleh pengunjung, ditengah jembatan disediakan juga dua buah pendopo untuk bersantai. 

Ekowisata Pulau Tidung Kecil 

Pemerintah telah membuat Kawasan konservasi atau pelestarian dan  perlindungan laut di Pulau tak berpenghuni ini.

Selain sebagai tempat wisata pulau seribu Jakarta pengunjung bisa berwisata sambil belajar tentang edukasi bahari mengenal konservasi laut agar dapat turut serta menjaga dan melestarikan kekayaan bahari. 

Edukasi Bahari di Museum Kerangka Paus

museum di Pulau Tidung Kecil ini yang berisi kerangka paus lengkap. Dulu bangkai mamalia laut ini didapati  terdapar di pantai Pulau Tidung kecil.

Kerangka mamalia laut tersebut dari jenis Paus Sperma dengan nama latin Physeter macrocephalus kira-kira sepanjang 10 meter, kerangka  tersebut kemudian diawetkan agar dapat dipelajari. Fasilitas Toilet dan Mushola juga tersedia dikawasan ini.

Padang savana dan hutan mangrove

Di Pulau Tidung Kecil juga terdapat kawasan konservasi hutan mangrove. tanaman mangrove dikawasan ini wisatawan mendapat edukasi manfaat tanaman mangrove  untuk menahan abrasi laut juga sebagai tempat berkembang biak beberapa jenis ikan dan hewan laut lain. 

Selain itu diantara rindangnya pepohonan terdapat kawasan terbuka seperti padang rumput yang disebut savana. Kawasan ini berfungsi sebagai daerah resapan sehingga kebutuhan air penduduk pulau tidung dapat terjaga.

Menjelajah Pulau tidung kecil, Meseum pulau tidung kecil, agrowisata pulau tidung, terumbu karang pulau tidung

Agro wisata Pulau Tidung Kecil

Ekowisata pulau Tidung kecil lainnya adalah Agro wisata perkebunan buah dan sayur yang dikelola beberapa penduduk sekitar, selain untuk tempat penelitian tanaman, hasil dari perkebunan dimanfaatkan untuk konsumsi masyarakat Pulau tidung besar.

Review : 

Kawasan konservasi terumbu karang Pulau tidung kecil

Spot wisata menarik lainya yang dapat anda kunjungi di kawasan ekowisata Pulau Tidung Kecil adalah tempat konservasi terumbu karang. Lokasinya berada  di sisi timur pulau.

Laut di Lokasi ini ditanam terumbu karang jenis Arcopora di area 2,5 hektar yang menjadi habitat berbagai jenis ikan dan hewan laut, jika anda beruntung anda bisa mendapati penyu yang lewat ditempat tersebut.

Namun di tempat ini tidak diperbolehkan melakukan kegiatan snorkeling atau pun kegiatan air lainnya kecuali untuk kegiatan penelitian dan edukasi. 

Jika traveler menginginkan suasana yang berbeda, bisa juga mencoba Camping di Pulau Tidung Kecil, tempatnya di ujung timur pulau untuk menikmati sunrise yang indah, pantai timur pulau ini terasa  privat, karena jarang didatangi wisatawan, beberapa rombongan pemuda biasa terlihat camping dipantau timur pulau Tidung kecil.

Makam Panglima Hitam di Pulau tidung kecil

adanya makam tua terkesan membuat angker, padahal tidak ada yang perlu ditakuti jika kita berlaku sopan, justru dengan adanya makam traveler bisa mengetahui sejarah pulau Tidung, berdasarkan cerita rakyat Panglima Hitam adalah salah satu panglima yang ikut membantu pasukan Mataram Islam saat menyerang VOC di Batavia, beliau yang dikenal dengan sebutan wak Turup bersama pasukannya menetap di Pulau Tidung hingga akhir hayatnya.

Ekowisata  Pulau tidung kecil dengan keragaman hayati yang masih terjaga, edukasi bahari ke tempat konservasi terumbu karang, museum paus, agro wisata serta mengunjungi kawasan pasir putih di ujung timur pulau dengan pemandangan laut lepas kebiruan yang jernih membuat  Pulau  ini sangat menawan, Pulau Tidung Kecil di Kawasan Wisata Pulau Seribu ini sangat cocok untuk berwisata sambil belajar.
TAMPILKAN KOMENTAR
TUTUP KOMENTAR

1 Response to "Ekowisata Pulau Tidung Kecil - Wisata Pulau Seribu"

  1. Nice vacation blog, ekowisata pulau Tidung

    ReplyDelete

--Terima kasih sudah berkunjung--
Silahkan memberi komentar sesuai Artikel. -- GaweBerita

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel