-->

SEJARAH DAN MISTERI ISTANA BATU TULIS BOGOR

Misteri - Istana Batu tulis Bogor ada juga yang menyebutnya Hing Puri Bima Sakti adalah wisma-vila yang berada di kota Bogor. Pada masa lalu Istana Batutulis dipergunakan oleh Presiden Sukarno untuk tempat beristirahat. 

Banyak dari kalangan spiritualis yang meyakini Soekarno Masih Hidup, dan tidak sedikit kalangan yangi memcari keberadaan dan berusaha mencairkan Harta Amanah Soekarno maka Istana Batutulis juga memiliki misteri dan mistis yang masih berhubungan dengan kehidupan Bung Karno.

istana batu tulis bogor, hing puri bima sakti, sukarno masih hidup

Jika kita memasuki jalan raya Batu Tulis maka tidak ada yang menyangka dilahan seluas 3,8 Ha yang dikelilingi pagar besi dengan tembok bergaya kolonial serta didalamnya ditumbuhi pohon-pohon besar nan rindang, terdapat bangunan bersejarah yang disebut Hing Puri Bima Sakti atau Istana Batu tulis

Suasana disektarnya membuat kesan wingit begitu terasa apa lagi diseberang Jalan terdapat bangunan yang sangat bersejarah yakni situs Prasasti Batu tulis berangka tahun 1455 Saka atau 1533 Masehi peninggalan kerajaan Pajajaran.

Sejarah dan Misteri Istana Batu Tulis

sejarah istana batutulis, sukarno istana batutulis

Berdasarkan sejumlah literatur kota Bogor, Gunung Salak pernah meletus dengan sangat dahsyat disertai gempa bumi pada malam hari tanggal 4 dan 5 Januari 1699, berdasarkan catatan belanda tahun 1702 disebutkan bahwa dataran tinggi sekitar sungai Cisadane dibelakang bekas keraton Pakuan, rata menjadi lapangan luas tanpa pepohonan. demikian dahsyatnya letusan mengakibatkan muntahan lumpur material gunung menyumbat sungai ciliwung sepanjang ratusan meter didekat muaranya. Tidak dikabarkan korban akibat bencana kala itu. 

Namun berdasar catatan Abraham van Riebeeck disebutkan tahum 1701 penduduk kampung Baru Bogor masih dapat mengantar ahli vulkanologi Belanda Ram & Coops, sehingga diperkirakan penduduk Bogor tidak musnah karna gempa dan letusan. Sayang Abraham tidak membuat catatan kerusakan yang terjadi dan korban akibat letusan gunung salak saat itu, Setelah bencana itu, pada tahun 1704 Istana Batu Tulis dibangun oleh Van Riebeeck, untuk menunjukan bahwa kehidupan masyarakat Bogor masih ada dan Gunung Salak tidak menakutkan lagi.

Selanjutnya pada masa kemerdekaan Istana Batu Tulis dijadikan pondok peristirahatan Presiden Sukarno. Bahkan karena kecintaannya konon bung Karno berkeinginan dimakamkan di Istana Batu Tulis, namun pemerintahan Presiden Soeharto mengeluarkan Keppres RI Nomor 44 Tahun 1970 sehingga Presiden Sukarno dimakamkan didekat makam ibundanya di Blitar Jawa timur.

Penuturan seputar Istana Batu Tulis Bogor

Seorang teman pernah berkisah, dimana pada akhir tahun 1996 yang pada saat itu ia dalam keadaan sulit dan sedang mencari pekerjaan, ia bermimpi bertemu sosok Bung Karno bersama seorang wanita berkebaya keluar dari pintu gebyok ukir berwarna sebuah kamar yang didepannya ada sebuah kolam ikan kecil.

kemudian bung Karno bersama wanita itu menuju sebuah meja bundar yang diatasnya ada seorang bayi laki-laki sedang menangis dan dikelilingi oleh orang-orang yang sedang membaca Tahlil. Kisah Selanjutnya :
- kamar bung karno di Istana Batutulis
- Misteri lorong bawah tanah
- Kisah Mistis seputar Istana Batutulis
- Lokasi bekas keraton Pajajaran 

Baca juga :



TAMPILKAN KOMENTAR
TUTUP KOMENTAR

0 Response to "SEJARAH DAN MISTERI ISTANA BATU TULIS BOGOR"

Post a Comment

--Terima kasih sudah berkunjung--
Silahkan memberi komentar sesuai Artikel. -- GaweBerita

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel