-->

Cara Mengobati Hipotiroid dengan Terapi Refleksi dan Makanan yang dianjurkan

Sebelum kita membahas cara mengobati Hipotiroid dengan terapi dan makanan yang dianjurkan bagi penderita hipotiroid,  maka kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab kelainan Hipotiroid, Agar kita dapat mendeteksi sejak dini kelainan hipotiroid, sebab sampai saat ini belum diketemukan obatnya oleh para ahli kesehatan.

Hipotiroid atau hipotiroidisme adalah kondisi dimana kelenjar tiroid yang terletak dileher depan tidak dapat menghasilkan hormon tiroid dalam jumalah yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Kekurangan hormon ini mengakibatkan gangguan detak jantung, suhu tubuh dan gangguan metabolisme tubuh. Kelainan hipotiroid sebagian besar diderita oleh wanita terutama yang berusia lanjut, namun walau jarang terjadi hipotiroidisme dapat juga diderita oleh bayi baru lahir  hipotiroidisme kongenital.

Obat Hipotiroid

Penyebab kelainan Hipotiroid 

Hipotiroid disebabkan oleh gangguan hormon karna Penyakit autoimun terutama yang paling umum penyakit Hashimoto dimana antibodi menyerang kelenjar tiroid sehingga menyebabkan fungsinya terganggu. kelainan hipotiroid dapat diketahui dengan pemeriksaan kadar Tsh dan FT4 dalam dalam darah. Dimana Hipotiroid primer akan ditandai dengan peningkatan TSH di atas nilai rujukan dan penurunan FT4 di bawah nilai rujukan. Hipotiroid ringan atau subklinis, yang merupakan tanda awal kegagalan fungsi tiroid, biasanya ditandai dengan peningkatan TSH di atas nilai normal, sedangkan FT4 masih berada dalam rentang nilai normal.

Gejala Hipotiroid

Biasanya tergantung seberapa rendah kadar hormon tiroid dalam tubuh. Dengan gejala umum seperti Mudah lelah dan sering pusing, sembelit, otot tubuh terasa lemah nyeri kaku, kulit kasar dan kering, sensitif terhadap udara dingin, rambut tipis dan mudah rontok, berat badan naik tanpa sebab yang jelas, sulit konsentrasi dan mudah lupa. 
Sedang gejala pada bayi diantaranya tangan kaki terasa dingin, sembelit, rewel dan suara tangis parau, penyakit kuning, Pertumbuhannya terhambat, berat badan rendah, dan terlambat berjalan.

Tips Cara mengobati Hipotiroid 

Oleh dokter penderita hipotiroid diberi resep obat Levothyroxine yaitu tablet hormon tiroid biasanya bermerk dagang Euthyrox, Thyrax, Mixid-L.

Selain itu penderita hipotiroid dianjurkan untuk membatasi makanan tinggi senyawa goitrogens seperti tahu, tempe, sari kedelai asli, Sayuran tertentu, seperti kubis, brokoli, kembang kol, ubi jalar dan singkong. Serta makanan tinggi lemak dan gula.

Makan yang dianjurkan untuk penderita hipotiroid.

Makanan yang mengandung Yodium seperti keju, susu, es krim, garam meja beryodium, ikan laut, udang, rumput laut.

Makanan yang mengandung Selenium seperti kacang brazil, tuna, udang, daging sapi, daging kalkun, daging ayam, telur, oat, dan roti gandum.

Makanan yang mengandung Zinc seperti tiram, daging sapi, daging kepiting, sereal fortifikasi, daging ayam, legume, biji labu kuning, dan yogurt.

Makanan yang mengandung Magnesium seperti bayam, selada, dan sayuran berdaun hijau lain.

Cara mengobati hipotiroid dengan Terapi Refleksi pijat  

Selain itu penderita juga dapat mencoba pengobatan kelainan hipotiroid dengan pemijatan terapi Refleksi  pada Telapak kaki.
Pemijatan ini juga dipercaya dapat mengembalikan fungsi kerja kelenjar tiroid.


Lakukan pemijatan refleksi dari titik 12 sampai titik 13 searah tanda panah sebanyak 30-50 kali pijatan dalam satu sesi ditelapak kaki kanan dan kiri.

Pijatan rutin setiap hari diharapkan dapat mengembalikan fungsi kelenjar tiroid menjadi normal, sehingga Hipotiroid dapat sembuh.

TAMPILKAN KOMENTAR
TUTUP KOMENTAR

1 Response to "Cara Mengobati Hipotiroid dengan Terapi Refleksi dan Makanan yang dianjurkan"

  1. Anonymous03 October

    Hipotiroid minum tyrax terus. Coba terapi semoga bisa sembuh

    ReplyDelete

--Terima kasih sudah berkunjung--
Silahkan memberi komentar sesuai Artikel. -- GaweBerita

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel