-->

Doa Amalan Sunnah Sebelum Tidur Penangkal Jin dan Setan

Amalan sebelum tidur sesuai sunnah - Tidur adalah satu anugrah Allah Azza Wa Jalla kepada hambanya. Karna Allah telah menjadikan tidur sebagai istirahat dan ketenangan bagi semua manusia. 


Amalan sebelum tidur penangkal jin dan setan menjadi penting bagi kita, karena jin dan setan tidak pernah berhenti  menggoda dan memusuhi manusia, mereka memanfaatkan saat manusia tidur sebagai kesempatan, karna disaat tidur seseorang menjadi lalai dalam mengingat Allah.

Dalam keseharian seseorang, sepertiga kegiatannya diisi dengan tidur, jika usia manusia sejak akil baliq sampai wafat mencapai 50 tahun maka 16 tahun kegiatannya diisi oleh tidur. suatu kerugian apabila waktu tidur yang cukup  panjang itu tidak diisi oleh Amalan ibadah yaitu amalan sunah sebelum tidur.

Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jika diamalkan berpahala, jika ditinggalkan Akan Merugi.

Karna hal itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam banyak mencontohkan dan mengajarkan amalan sebelum tidur yang juga berfadilah sebagai penangkal gangguan jin dan setan Diantaranya,

Berwudhu sebelum tidur

Selalu diajarkan agar kaum muslim selalu hidup bersih bahkan ketika akan tidur.

Dari Abdullah bin Umar radliyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 'Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun, hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.' - HR. Ibn Hibban 3/329.

Membaca Ayat Kursi

Kita sering mendengar fadhilah ayat kursi untuk menangkal godaan setan dan jin. Maka amalkan Ayat Kursi sebagai amalan sebelum tidur.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 'Apabila engkau mendatangi tempat tidur di malam hari, bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi' - HR. Al-Bukhari.

Amalan surah mu’awwidzaat

Amalan sebelum tidur lainnya adalah Mu’awwidzat yaitu surah-surah pelindung yang terdiri dari surah al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Naas. Sangat sederhana namun sangat baik jika diamalkan secara Istiqomah.
Dalam riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan,
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata,
'Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’-surat Al-Ikhlas, ’Qul a’udzu birobbil falaq’-surat Al-Falaq dan ’Qul a’udzu birobbin naas’-surat An-Naas. Dan diusapkan kedua telapak tangannya pada anggota tubuh yang mampu dijangkau, mulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali' - HR. Bukhari no. 5017.

Ahli  bahasa mengatakan bahwa an naftsu adalah meniup dengan nafas perlahan tanpa disertai ludah atau air liur.

Selain itu biasakan bertaubat atas segala kekhilafan sebelum tidur dan niatkan akan mengerjakan amalan kebajikan setelah bangun tidur. Seperti berniat mengerjakan sholat tahajud atau sholat subuh berjamaah dimasjid.

Pengalaman penulis sendiri diajarkan amalan sebelum tidur sesuai sunnah oleh seorang teman jamaah, atas ijin Allah ketika pergi tidur penulis melihat sosok bayangan hitam tinggi besar pada jarak 5 meter yang terus berusaha keras mendekati penulis mungkin bangsa Jin, karna pertolongan Allah dan asbab mengerjakan Sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Mahluk itu seperti tertahan tidak mampu mendekati penulis dan akhirnya menghilang.

Amalan lain :

Yakinlah Dibalik sunnah ada kejayaan.

TAMPILKAN KOMENTAR
TUTUP KOMENTAR

1 Response to "Doa Amalan Sunnah Sebelum Tidur Penangkal Jin dan Setan"

  1. Shalawat dan salam bagi kanjeng Rasul saw. Trims sharingnya

    ReplyDelete

--Terima kasih sudah berkunjung--
Silahkan memberi komentar sesuai Artikel. -- GaweBerita

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel